Kencur

Kencur - Hallo sahabatku KEANEKARAGAMAN FLORA INDONESIA, Kita jumpa lagi dihari ini . Pada Artikel ini anda baca dengan judul Kencur, kami telah mempersiapkan artikel ini sepesial buat anda untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Kami berharap isi postingan Artikel Obat Herbal, yang kami tulis ini bisa anda pahami dengan mudah. Langsung aja yaa...kita mulai, Dan selamat membaca Artikel berikut ini.

Baca juga


Berikut artikel Kencur yang akan saya bagikan hari ini.


Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary (temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti. Terdapat pula kerabat dekat kencur yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat, temu rapet (K. rotunda Jacq.), namun mudah dibedakan dari daunnya.

Nama kencur dipinjam dari bahasa Sanskerta, kachora, कचोर, yang berarti temu putih (Curcuma zedoaria)
Kencur merupakan temu kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar (jarang 5) dengan susunan berhadapan, tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah. Bunga majemuk tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga berjumlah antara 4 sampai 12 buah, bibir bunga (labellum) berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan.

Tumbuhan ini tumbuh baik pada musim penghujan. Kencur dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari, tidak terlalu basah dan setengah ternaungi.

Kaempferia galanga kemungkinan berasal dari India, di mana ia tersebar luas. Tanaman ini dibudidayakan secara meluas di Asia Tenggara, Cina selatan, Nusantara hingga Maluku; dan kemungkinan pula diintroduksi ke Australia utara.[2]

Kencur (nama bahasa Jawa dan bahasa Indonesia) dikenal di berbagai tempat dengan nama yang berbeda-beda: cikur (bahasa Sunda); ceuko (bahasa Aceh); kaciwer (bahasa Karo); kencor (Madura); cekuh (bahasa Bali); Sekuh atau Sekur (bahasa Sasak), kencur, sukung (bahasa Melayu Manado); asauli, sauleh, soul, umpa (bahasa-bahasa di Maluku); serta cekir (Sumba).

Berbagai masakan tradisional Indonesia dan jamu menggunakan kencur sebagai bagian resepnya. Kencur dipakai orang sebagai tonikum dengan khasiat menambah nafsu makan sehingga sering diberikan kepada anak-anak. Jamu beras kencur sangat populer sebagai minuman penyegar pula. Di Bali, urap dibuat dengan menggunakan daun kencur.

Komposisi kimia rimpang[3]:


  1. pati (4,14 %),
  2. mineral (13,73 %),
  3. minyak-minyak atsiri (0,02 %), berupa
  4. sineol,
  5. asam metil kanil dan penta dekaan,
  6. asam sinamat,
  7. etil ester,
  8. borneol,
  9. kamphene,
  10. paraeumarin,
  11. asam anisat,
  12. alkaloid dan
  13. gom.

Manfaat Kencur:
1. Khasiat Kencur Untuk Obat Mata pegal

Cara Bikin Ramuanya
– SIlakan Ambil rimpang kencur 1 Aja Lalu Dibelah Menjadi 2
– Silakan Gosokan Kebagian Kelopak Mata, Tapi Jangan Sampai Kena Bola Mata Ya

2. Manfaat Kencur Untuk Memperlancar haid Menstruasi

Bahan : 2 rimpang kencur, 1 lembar daun trengguli, 1 cengkeh tua dan Tambahkan adas pulawaras seperlunya

Panduan Cara meracik:
– Silakan kencur dicincang Lalu campur dengan semua Bahan Yanga da
– Silakan direbus Menggunakan 3 gelas air sampai Airnya MEnyusut jadi 2 gelas
– Silakan Disaring dan diminum 1 Kali sehari ( 2 cangkir )

3. Khasiat Kencur Untuk Sakit Radang lambung

– Silakan Kencur dikupas, Dicuci Kemudian dikunyah
– Kalau Sudah Mengeluarkan Air Silakan ditelan dan ampasnya dibuang
– Baru Kemudian minum 1 gelas air putih Agar Tidak panas

4. Kencur Sebagai obat Alami batuk

– Ambil 2 rimpang kencur Lalu Diparut kencur
– Silakan campurkan dengan segelah air hangat dan disaring
– Silakan Tambah sedikit garam dapur
– Silakan Diminum air ramuan Kencur ini sampai habis

5. Kencur Sebagai Obat Influenza pada bayi

Bahan Herbal :
– Kencur sebesar ibu jari
– 2 lembar Daun lada berekor Atau daun kemukus

Nah Cara meramu:
– Tumbuk Kedua Bahan Tersebut
– Tambahkan Dengan air Hangat
– Oleskan Pada Hidung Ramuan tersebut

6. Kencur Untuk Menghilangkan darah kotor

– Silakan Buat Ramuan Mirip Yang Untuk Mengatasi Nyeri Haid

7. Manfaat Kencur Untuk Masuk angin

– Silakan Buat Ramuan Herbal Yang Sama Dengan Nomer 4 ( Obat Batuk )

8. Khasiat Kencur Untuk Mengobati keseleo

– Ambil 1 kencur Yang sudah Dicuci bersih.
– Rendam Kencurnya Dengan segenggam beras Kemudian Ditumpuk sampai halus. – Silakan Dibalurkan pada bagian Tubuh Yang Kesleo

9. Kencur Untuk Alat KB tradisional

Bahan Ramuan yang diperlukan: 5 gram kencur, 5 gram Kunir / kunyit kuning, 5 gr kunyit putih, 2 lembar daun sirih / suruh, dan 1 sendok makan air kapur sirih

Cara membuat Ramuan
– Silakan Tummbuk Bahan ini : Kencur, kunyit, kunyit putih dan daun sirih
– Tambahkan air panas, diperas dan Baru Kemudian bisa Ditambahkan air kapur sirih
– Silakan diminum 2 kali dalam semingg
– Ulangi Secara Teratur

10. Kencur Untuk Mengobati diare Dan Mencret

– Silakan 2 rimpang kencur Ditumbuk dengan Tambahan 2 siung bawang merah Hingga Ramuan ini halus.
– Silakan Dibungkus Dengan daun pisang Baru Kemudian Dibakar sampai hangat

– Kemudian Silakan DiOleskan Kebagian bagian perut.

11. Mengobati mulas pada perut

– Silakan Kencur Diparut kencur ,Garam dan tambahkan 2 sendok air.
– Silakan saring ramuan ini Lalu Minum air itu 2-3 kali sehari

12. Manfaat Kencur untuk Menghilangkan lelah

Bahan Ramuan :
– kencur 1 Rimpang
– 2 sendok beras Yang Disangrai
– 1 biji cabai merah

Panduan Membuat Ramuan
– Silakan Masak Dengan 2 gelas air sampai mendidih
– Silakan disaringd an Airnya diminum sekaligus
– Kalau Untuk Pria Silakan Tambahkan 1 potong lengkuas Laos dan tepung lada sesuai Selera

13. Kencur Sebagai Obat Sakit kepala

– Ambil 3 lembar daun kencur Lalu ditumbuk sampai halus
– Silakan dioleskan pada Bagian dahi

14. Manfaat Mempercepat Agar anak bisa berjalan

Bahan : Siapkan Kencur 1/2 ons , makan beras 2 sendok , dan daun kemangi  1 genggam.

Panduan Cara membuat Ramuan:
– Silakan tumbuk Semua Bahan Yang ada
– Minum 3 Kali Sehari Ramuan ini

Cara bercocok tanam kencur diawali dengan pengolahan tanah yang biasanya dilakukan pada awal musim hujan. Anda perlu mencangkul tanah sedalam kurang lebih 25-30 cm atau jika Anda ingin lebih praktis maka Anda dapat juga menggunakan bajak. Tanah yang sudah dicangkul kemudian perlu digempurkan menggunakan garpu namun sebelumnya tanah perlu dibersihkan dari rumput. Selanjutnya Anda bisa memulai membuat bedengan dengan lebar 1-1,5 m dan tinggi sekitar 15-20 cm. Sedangkan jarak dari satu bedengan ke bedengan yang lain bisa dibuat kurang lebih 30 cm. dan sebelum bibit ditanamkan, tanah perlu didasari dengan pupuk kandang atau kompos matang untuk menjaga kesuburan tanah olahan.

Penanaman benih paling tepat dilakukan pada waktu memasuki musim hujan maka daripada itu sebelum penanaman perlu dibuatkan parit di atara bedengan-bedengan sehingga sistem drainase terjaga dengan baik walaupun ketika saat hujan sedang deras-derasnya. Rimpang yang Anda tanam harus menghadap ke atas pada kedalaman sekitar 7,5 cm. sedangkan jarak tanam antara satu rimpang dengan rimpang yang lainnya adalah 15 cm atau 20 cm tergantung tingkat kesuburan tanah serta pola tanam yang Anda gunakan.

Setelah tanaman Anda tumbuh dengan sempurna maka perlu diberikan pupuk tambahan yaitu pupuk urea. Dan sangat perlu juga dilakukan penyiangan ketika tanaman menginjak umur 1-2 bulan. Jadwal penyiangan selanjutnya dapat diatur sesuai kondisi dan keadaan gulma pada lahan tanam dan pastikan jika rim[ang tidak sampai terluka. Setelah tanaman berumur 8-12 bulan, Anda bisa langsung panen.

Berikut adalah langkah-langkah mudah menanam kencur di polybag atau pot:



Menyiapkan Bibit Kencur
 
Untuk melakukan budidaya kencur maka pemilihan bibit yang benar dan kualitas yang bagus merupakan syarat utama yang perlu dipenuhi. Tanaman kencur hanya memiliki satu jenis saja, namun sebutan dari berbagai daerah saja yang berbeda-beda. Bibit kencur adalah rimpang kencur itu sendiri, carilah kencur yang memiliki buah banyak dan tidak terserang hama. 

Pilih rimpang yang tua (sekitar umur 10 bulan), rimpang yang baik untuk bibit adalah rimpang yang sudah terlihat memiliki calon tunas. Minimal calon tunas yang terlihat adalah dua calon tunas, ini menandakan bahwa rimpang siap untuk tumbuh. kumpulkan rimpang-rimpang yang terlihat bagus dan memiliki tunas sebanyak kebutuhan (disesuaikan dengan jumlah polybag).

Letakkan rimpang pada area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, biarkan beberapa hari sambil menyiapkan polybag atau pot sebagai lahan tanam.

Menyiapkan Polybag atau Pot

Belilah polybag dengan ukuran yang agak besar, atau bisa menggunakan pot bunga, jika ingin lebih besar gunakan saja karung bekas beras atau pupuk. Isi polybag dengan menggunakan tanah yang gembur dan subur, tambahkan pupuk kandang atau kompos. Campukan juga sedikit pasir dengan perbandingan 4 :1 (4 tanah : 1 Pasir). Setelah itu letakkan polybag di area yang teduh, dan biarkan polybag yang sudah berisi tanah selama 1-2 hari agar kondisi tanah stabil.

Penanaman Kencur

Setelah polybag dibiarkan selama 1 hari, kencur sudah bisa ditanam. Ambil rimpang yang sudah disiapkan tadi, dan tanamlah dengan cara membuat lubang menggunakan pisau atau alat lain sedalam 5-7 cm dengan panjang disesuaikan dengan panjang rimpang kencur. Tanamlah kencur sebanyak 2 rimpang di masing-masing polybag dengan jarak tanam 10 - 15cm. hadapkan calon tunas ke atas, jangan sampai terbalik karena dapat menghambat pertumbuhan kencur.
 
Pemeliharaan Tanaman Kencur
 
Untuk mendapatkan hasil yang panen yang banyak, tanaman kencur harus dipelihara. lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore saat tidak ada hujan. Tidak perlu melakukan pemupukan dengan pupuk kimia, karena ini akan dikonsumsi sendiri dan juga sudah sangat cukup karena sudah diberi pupuk kandang atau kompos. Lakukan pembersihan rumput liar yang tumbuh di polybag, bersihkan dengan cara mencabut.

Hama yang sering menyerang kencur adalah ulat pemakan daun, basmi ulat ini selagi belum banyak. Pembasmian dapat dilakukan secara manual, dengan mengambil dan mematikannya.

Panen Kencur

Kencur dapat dilakukan panen atau rimpangnya dapat dimanfaatkan jika telah memiliki rimpang yang besar, biasanya saat usia sekitar 7-9 bulan. Selain rimpangnya, kencur juga dapat dimanfaatkan daun mudanya yaitu sebagai lalapan atau daun-daunan di masakan pecel.

Itulah beberapa cara mudah menanam kecur di polybag atau pot, dan manfaat kencur bagi kesehatan. Tidak ada salahnya anda membudidayakan kencur di rumah anda dengan menggunakan polybag atau media lain yang anda anggap lebih mudah dan dapat digunakan. Jika ingin menanam kencur kapasitas besar tentunya harus menyiapkan bibit rimpang kencur yang banyak.


Itulah tadi Sahabat KEANEKARAGAMAN FLORA INDONESIA,sedikit uraian tentang Kencur.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Kencur yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Kencur dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link http://flora-indonesiaku.blogspot.com/2015/12/kencur.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »