Kemangi

Kemangi - Hallo sahabatku KEANEKARAGAMAN FLORA INDONESIA, Kita jumpa lagi dihari ini . Pada Artikel ini anda baca dengan judul Kemangi, kami telah mempersiapkan artikel ini sepesial buat anda untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Kami berharap isi postingan Artikel Obat Herbal, yang kami tulis ini bisa anda pahami dengan mudah. Langsung aja yaa...kita mulai, Dan selamat membaca Artikel berikut ini.

Baca juga


Berikut artikel Kemangi yang akan saya bagikan hari ini.

Manfaat Daun Kemangi

  1. Melancarkan aliran darah, menkonsumsi daun kemangi dapat melancarkan aliran darah karena kandungan magnesium yang terdapat dalam kemangi membantu membuat pembuluh darah dan jantung menjadi rileks, dan aliran darah dalam tubuh akan tetap lancar.
    manfaat daun kemangi
  2. Manfaat Daun Kemangi Untuk mencegah adanya kemandulan, ternyata kemangi memiliki kandungan zat arginin yang berfungsi untuk membuat daya hidup sperma semakin kuat, tentu nya untuk mencegah kemandulan.
  3. Menjaga kesehatan organ jantung, daun ini mengandung magnesium dan juga beta karoten untuk menjaga kesehatan jantung, ini adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh jantung.
  4. Mengobati sariawan, bagi anda yang sariawan bisa segera disembuhkan, kunyahlahmanfaat daun kemangi dan memakannya lalu minum air hangat, lakukan 3 kali sehari dan lihat hasilnya.
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh, untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh dapat dengan menkonsumsi khasiat daun kemangi, ternyata hal ini karena mengandung beta karoten yang berfungsi untuk meningkatkan respon antibodi, beta karoten juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.
    khasiat daun kemangi
  6. Membantu perkembangan tulang, ternyata juga dapat membantu perkembangan tulang kita, karena  manfaat daun kemangi memiliki kandungan fosfor dan kalium yang baik dalam pembentukan serta perkembangan tulang anda, dan daun ini dapat mencegah tulang keropos.
  7. Untuk mengobati panu, panu juga bisa disembukan dengan cara menghaluskan daunkemangi yang harus di cuci bersih, campurkan dengan sedikit kapur sirih dan oleskan pada bagian yang terkena panu.
  8.  Meredakan demam & masuk anginDaun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin yang diderita oleh balita. Caranya Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita
  9. enyehatkan mata dan mulutVitamin A dalam daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan mencegah gangguan pada mata lainnya. Bukan cuma itu, selain daun mint, kemangi pun punya efek menyegarkan bau mulut jika dikonsumsi.
  10. Melancarkan ASIDaun kemangi segar dipercaya dapat mencegah bau badan dan bau mulut, serta memperlancar ASI. Anda bisa memanfaatkan sebagai lalap teman makan nasi dan sambal.
  11. Anti inflamasi  Kemangi merupakan agen anti inflamasi yang bertugas menyembuhkan bengkak dan ampuh meredakan radang sendi. Kemangi juga termasuk sumber kalsium yang baik yang dibutuhkan tulang untuk mencegah osteoporosis.
  12. MenopouseKemangi dapat menunda menopouse karena kandungan Zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi kemangi jika Anda ingin menunda massa menopouse.
  13. Mencegah batukDi Thailand, kemangi digunakan sebagai bumbu masak. Di India dan sebagian wilayah di Afrika, daun kemangi diseduh menjadi teh. Teh kemangi disajikan pada saat pergantian musim, saat masyarakat setempat mudah terserang batuk, pilek, atau demam.7. Mengatasi KeputihanKandungan senyawa eugenol dalam kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Jadi, saat Anda mengalami keputihan, rajin-rajinlah mengkonsumsi daun kemangi. bisa sebagai lalap atau dicampur dengan makanan lain, misalnya pepes.8. Merangsang Sel TelurDaun kemangi dapat membantu proses pematangan sel telur (ovulasi) karena kandungan zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi).
  14. AntiradangKandungan zat cineole, myrcene dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi berfungsi sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.10. Kesehatan JantungBerdasarkan beberapa penelitian, daun kemangi berperan dalam memelihara kesehatan Jantung karena kandungan betakaroten dan magnesium. Keduanya merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.
  15. Mengatasi StrokeMeningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke karena kandungan isoflavon pada kemangi dan juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.Manfaat lainnyaPara perokok bisa mengunyah daun kemangi kapan saja ketika mereka ingin merokok. Dengan begitu, kekuatan antioksidan mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin. Kemangi juga ampuh meredakan stres, mencegah diabetes, dan mengatasi batu ginjal.

Kandungan Daun Kemangi


Daun kemangi mengandung komponen gizi dan komponen non gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Komponen Gizi Daun Kemangi


Daun kemangi mengandung betakaroten (provitamin A) dan vitamin C. Betakaroten berperan mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi (memengaruhi fungsi kekebalan tubuh), sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan sebagai antioksidan.

Vitamin C antara lain berguna untuk pembentukan kolagen untuk penyembuhan luka dan memelihara elastisitas kulit, membantu penyerapan kalsium dan besi, antioksidan, mencegah pembentukan nitrosamin yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker).

Kolagen merupakan senyawa protein yang memengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti pada tulang rawan, matriks tulang, dentin gigi, membran kapiler, kulit, dan tendon (urat otot). Daun kemangi kaya akan mineral makro, yaitu kalsium, fosfor, dan magnesium. Kalsium penting bagi pembentukan dan pertumbuhan tulang, transmisi impuls saraf, membantu kontraksi otot, dan membantu mengaktifkan reaksi enzim.

Fosfor berperan dalam pertumbuhan tulang, membantu penyerapan dan transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan asam dan basa. Magnesium membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah, sehingga memperlancar aliran darah.

  1. Pilih jenis kemangi yang ingin Anda tanam. Kemangi memiliki banyak varietas, yang masing-masingnya memiliki aroma dan rasa yang unik. Baca beberapa tipe kemangi dan pilih satu - atau beberapa yang menarik untuk Anda, kemudian pesan atau beli benihnya di toko tanaman. Berikut ini adalah beberapa ide untuk Anda:
    • Kemangi kayu manis memiliki rasa yang manis dan bunga yang sangat cantik dan wangi.
    • Kemangi lemon mengandung citral, suatu senyawa aromatik yang terdapat dalam buah jeruk, dan berbau seperti lemon.
    • Kemangi ungu biasanya ditanam sebagai hiasan, juga untuk bau dan bunganya. #*Ada jenis kemangi yang tahan lama sepanjang tahun, seperti Kemangi Afrika Biru (yang memiliki urat daun berwarna biru), dan Kemangi Thailand, sementara kebanyakan varietas lain memiliki masa hidup setahun, sehingga Anda harus menanamnya setiap tahun.
    • Kemangi Globe dan Yunani lebih sulit ditanam, namun bisa membentuk semak kecil yang cantik sehingga tetap rapih.
  2. Grow Basil Step 2.jpeg
    2
    Tanam benih di dalam ruangan empat hingga enam jam sebelum di tanam di luar. Kemangi membutuhkan udara dan sinar matahari untuk tumbuh dengan baik, sehingga seringkali lebih mudah untuk menanam benihnya di dalam ruangan agar tidak rusak.
    • Jika saat Anda menanam kemangi, cuaca cukup pans, maka Anda bisa menanamnya langsung di luar.
    • Untuk menentukan waktu yang baik untuk menanam benih kemangi, tanyakan pada petani kemangi di sekitar rumah Anda.
  3. Grow Basil Step 3.jpeg
    3
    Siapkan wadah untuk benih. Isi wadah benih yang rata dengan campuran perlite, vermiculite, dan gambut masing-masing dalam bagian yang sama. Tekan campuran itu untuk menghilangkan kantung udara. Lembabkan campuran dengan air sehingga dapat memberikan lingkungan yang cocok bagi pertumbuhan kemangi.
  4. Grow Basil Step 4.jpeg
    4
    Tanam benih. Jatuhkan satu atau dua biji benih ke dalam masing-masing wadah. Tutupi dengan tanah. Tutupi wadah dengan plastik pembungkus bening, agar lembab. Biarkan wadah ini di bawah jendela yang mendapat sinar matahari. Dua kali sehari, buka penutup plastiknya dan berikan sedikit air ke wadah.
  5. Grow Basil Step 5.jpeg
    5
    Buka penutup plastik jika batang tanaman mulai tumbuh. Saat Anda melihat batang hijau pertama tumbuh dari tanah, maka sudah saatnya untuk membuang penutup plastik. Beri air dua kali sehari, jangan sampai tanahnya mengering. Saat tanaman memiliki tinggi beberapa inchi dan daunnya sudah dewasa, maka sudah saatnya untuk memindahkan tanaman ke wadah yang lebih besar.
    Iklan

Metode 2 dari 3: Merawat Kemangi

  1. Grow Basil Step 6.jpeg
    1
    Pindahkan tanaman kemangi. Setelah dua rangkaian daun terbentuk, kemangi dapat ditanam ke taman atau wadah permanen. Kemangi tidak bisa tahan terhadapsuhu yang terlalu dingin sehingga jangan menanamnya terlalu pagi. Cara yang terbaik adalah menempatkan kemangi di mana dia akan mendapatkan cukup sinar matahari dan tanah yang terairi dengan baik. [1]
    • Untuk menanam kemangi di taman, gali lubang dengan jarak paling tidak 6 inchi. Letakkan akar di dalam lubang dan berikan tanah di sekeliling batangnya. Tepuk-tepuk tanah di sekitar tanaman untuk menghilangkan kantung udara.
    • JIka Anda ingin menanam kemangi di dalam wadah, pastikan wadah ini cukup besar bagi sejumlah tanaman yang Anda tanam; masing-masing tanaman perlu dipisahkan jarang paling tidak 6 inchi, karena kemangi akan tumbuh menjadi cukup besar.
  2. Grow Basil Step 7.jpeg
    2
    Jaga tanahnya agar tetap lembab tapi tidak basah. Kemangi tumbuh dengan baik di tanah yang terairi dengan baik, tapi sebaiknya tidak digenangi air. Beri air sekali sehari ke tanaman kemangi dewasa, di pagi hari, sehingga air memiliki waktu untuk diserap dan menguap, bukannya menggenang semalaman di tanaman.
  3. Grow Basil Step 8.jpeg
    3
    Cabut kepala bunga kemangi. Jika Anda melihat pucuk bunga telah muncul, cabut bunga dan dua daun yang tumbuh di bawahnya. Mekarnya bunga dapat menciptakan hormon yang mengurangi rasa daun kemangi, serta mengurangi jumlah daun yang akan tumbuh. Hal ini disebut dengan "bolting" dan lebih sering timbul saat terlalu banyak sinar matahari. Anda akan menyadarinya jika Anda membiarkan bunganya tumbuh, tanaman Anda akan menjadi lebih kurus, dan daunnya tidak sebanyak sebelumnya serta kelezatan rasanya berkurang.
  4. Grow Basil Step 9.jpeg
    4
    Awasi adanya hewan pengganggu dan jamur. Kemangi merupakan tanaman yang menarik serangga; cara yang terbaik untuk mengendalikannya adalah dengan mengambilnya satu persatu dari tanaman dengan tangan.[2] Jika tanaman Anda menunjukkan adanya pertumbuhan jamur, mereka mungkin keurangan sinar matahari, atau tumbuh terlalu dekat satu sama lain. Pindahkan tanaman yang lebih kecil untuk memberikan ruang bagi tanaman yang lebih besar.
  1. Grow Basil Step 10.jpeg
    1
    Panen dan pangkas.[3] Seiring dengan pematangan tanaman, cabut dua lembar duan teratas saat tingginya cukup. Jika Anda memperhatikan, pada bagian bawah dari setiap daun ada dua daun kecil yang akan tumbuh jika batang di antaranya di potong. Potong dekat dua daun kecil itu, tapi jangan sampai merusaknya.
    • Memotong tanaman mendorong tanaman memusatkan energinya ke batang yang lebih kuat sehingga tanaman akan tumbuh rimbun. [4]
    • Jangan potong bagian bawah batang, atau tanaman kemangi akan tumbuh tinggi dan melengking. Jika Anda ingin tanaman Anda rimbun, potong dari bagian atas. #Nikmati kemangi segar. Bersihkan daun dan gunakan kemangi untuk membuatpesto atau salad Caprese dengan tomat dan keju mozarela segar.
      Grow Basil Step 11.jpeg
  2. Grow Basil Step 12.jpeg
    2
    Simpan daun kemangi di lemari es. Anda mungkin memiliki terlalu banyak daun kemangi untuk dimakan segar, sehingga simpanlah di dalam lemari es. Cuci daunnya, keringkan dan bungkus dengan kertas. Simpan di tempat penyimpanan makan yang kedap udara.
  3. Grow Basil Step 13.jpeg
    3
    Bekukan daun kemangi. Membekukan daun kemangi secara utuh bukanlah ide yang bagus, namun jika Anda menghaluskannya lebih dahulu, Anda bisa menyimpannya beku hingga beberapa bulan. Haluskan daun kemangi dan masukkan ke dalam kantung penyimpanan makanan dan bekukan hingga Anda memerlukannya.

sumber:
http://id.wikihow.com/Menanam-Kemangi
http://www.manfaatbuahdaun.com/2014/08/manfaat-dan-khasiat-daun-kemangi.html



Itulah tadi Sahabat KEANEKARAGAMAN FLORA INDONESIA,sedikit uraian tentang Kemangi.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Kemangi yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Kemangi dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link http://flora-indonesiaku.blogspot.com/2015/11/kemangi.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »